Monitoring Penglihatan bayi Prematur


imageResiko terbesar gangguan penglihatan pada bayi prematur adalah Retinophaty of Prematrurity atau ganggaun pecahnya pembuluh darah di sekitar retina mata. biasanya penyebab tersering adalah pemberian oksigen selama perawatan.

Strabismus (juling) lebih sering ditemukan pada bayi prematur. Karena juling dapat menjadi tanda kelainan di dalam mata, konsultasi dengan dokter mata umumnya diperlukan. Pada banyak bayi berat lahir sangat rendah, juling pada usia enam minggu menghilang saat mencapai usia 9 bulan. Juling yang timbul saat usia 9 bulan cenderung menetap.

The American Academy of Pediatrics, the American Association for Pediatric Ophthalmology and Strabismus, and the American Academy of Ophthalmology menganjurkan melakukan pemeriksaan skrining awal pada usia 4-6 minggu, dengan follow-up tergantung hasil pemeriksaan awal.

Fungsi pendengaran pada bayi sangat penting. Dia akan menggunakan pendengarannya untuk memahami dan belajar untuk berkomunikasi dengan dunia di sekelilingnya. Beberapa bayi lahir dengan gangguan pendengaran. Anak-anak lain yang lahir dengan pendengaran normal dan mulai memiliki masalah pendengaran saat mereka tumbuh dewasa. image

Bayi menggunakan telinga mereka untuk menerima sejumlah besar informasi tentang dunia di sekitarnya. Mendengar juga memungkinkan untuk belajar bahasa dan merangsang perkembangan otak. Karena hal itu menjadi begitu penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah pendengaran sesegera mungkin. Bayi Anda harus menerima tes skrining pendengaran segera setelah lahir. Hal ini penting untuk mengetahui apa yang diharapkan agar bayi anda tumbuh optimal, karena masalah pendengaran dapat menunda perkembangan suara, bicara, dan kemampuan bahasa. Biasanya, seorang anak mungkin tidak menyelesaikan semua item dalam kategori usia sampai dia mencapai usia atas dalam rentang usia. Cari rentang usia bayi anda dalam daftar. Periksa “ya” atau “tidak” untuk setiap item. Setelah Anda menyelesaikan daftar periksa, jika salah satu item yang diperiksa “tidak,” segera sampaikan kepada dokter anak anda apakah anak mengalami gangguan perkembangan fungsi pendengarannya

Perkembangan Normal Fungsi Pendengaran Pada Bayi Prematur

  • Dalam Kandungan Fusi pendengaran sebagian besar terjadi di dalam rahim. Telinga bagian dalam bayi sepenuhnya berkembang pada minggu ke-20 kehamilan, dan kemampuan untuk mendengar sepenuhnya dikembangkan pada saat lahir. Sementara dalam rahim, bayi Anda bisa mendengar detak jantung ibu, perut ibu keroncongan dan darah bergerak melalui tali pusat. Bayi Anda mungkin bahkan telah dikejutkan oleh suara keras
  • Bayi Baru lahir Sejak lahir bayi Anda akan memperhatikan suara dan suara, terutama yang bernada tinggi. Dia juga akan merespon suara akrab, seperti suara atau lagu ninabobo Anda bermain atau sering menyanyikan nya. Dia mungkin terkejutk oleh keras atau suara tak terduga. Sejak lahir, bayi memperhatikan suara-suara, terutama yang bernada tinggi. Bayi Anda akan merespon suara akrab (seperti Anda berbicara atau pasangan Anda) dan mungkin mengejutkan pada suara keras atau tidak terduga. Bagaimana bayi menanggapi suara sebagian bergantung pada temperamen. Seorang bayi lebih sensitif dapat melompat pada setiap suara kecil, misalnya, sementara bayi lebih tenang mungkin memerlukan waktu lebih suara dengan tenang.
  • Usia Tiga bulan Pada usia tiga bulan bagian dari otak bayi Anda yang membantu dengan pendengaran, bahasa dan bau akan lebih reseptif dan aktif. Ini bagian dari otak bayi Anda disebut lobus temporal. Pada usia 3 bulan, bayi akan tersenyum saat mendengar suara orang tua, dan bahkan mungkin mulai mengoceh. Ketika bayi Anda mendengar suara Anda, dia mungkin melihat langsung pada Anda dan mengerang dalam upaya untuk berbicara kembali. Mengoceh dan mendengarkan dapat bekerja keras untuk bayi Anda pada tiga bulan. Jika dia terlihat cara lain atau kehilangan konsentrasi saat Anda berbicara atau membaca untuknya, itu belum tentu karena dia tidak bisa mendengar Anda. Dia mungkin hanya memiliki rangsangan yang cukup. Kebanyakan bayi bisa tenang ketika mereka mendengar suara-suara akrab dan membuat vokal terdengar seperti ohh. Jangan khawatir jika bayi Anda terkadang terlihat jauh saat Anda sedang berbicara atau membaca padanya, tapi jangan katakan pada dokter jika dia tampaknya tidak menanggapi suara Anda sama sekali atau tidak mengagetkan di suara di lingkungan.
  • Usia Empat bulan Pada sekitar 4 bulan, bayi mulai mencari sumber suara. Dari usia empat bulan bayi Anda akan bereaksi terhadap suara penuh semangat, dan dia mungkin tersenyum ketika dia mendengar suara Anda. Dia mungkin mulai menonton mulut Anda serius ketika Anda berbicara, dan mencoba untuk menyalin Anda dan konsonan mengucapkan terdengar seperti “m” dan “b”. Pada usia 4 bulan, bayi dapat membedakan emosi dengan nada suara dan menggunakan suara mereka sendiri untuk mengekspresikan sukacita dan ketidaksenangan. Mereka juga dapat mulai mengenal nama mereka sendiri dan bahkan mungkin kata “tidak.”
  • Usia Enam bulan Pada usia enam bulan atau tujuh bulan bayi Anda akan menyadari di mana suara berasal, dan dia akan berbalik cepat ke arah yang baru. Dia juga akan mampu merespon suara sangat tenang, asalkan dia tidak terganggu. Pada usia 6 bulan, bayi Anda mungkin dapat meniru dan mendengar suara Anda. Saat ia mendekati 10 bulan usia, ia akan merespon namanya atau suara lain yang dikenal atau kata-kata, seperti telepon. Sudah mulai mencoba untuk meniru suara.
  • Usia 8 Bulan Pada usia 8 bulan, bayi mulai mengoceh dan menanggapi perubahan dalam nada suara.
  • Usia 12 bulan Pada saat bayi Anda berusia satu tahun, dia akan bisa mengenali lagu favoritnya, dan akan mencoba untuk bergabung masuk. Sekitar usia 1 tahun, dia akan mampu menunjukkan obyek akrab dalam sebuah buku ketika ditanya. Pada ulang tahun pertama ini bayi akan mengatakan kata-kata tunggal seperti “ma-ma” dan “da-da” dan menanggapi namanya sendiri.

Stimulasi Fungsi Pendengaran Pada Bayi Prematurimage

  • Anda dapat melakukan banyak hal untuk membantu bayi Anda terbiasa dan belajar suara baru. Cobalah menyanyikan sajak atau bermain musik.
  • Bayi Anda akan senang dengan banyak suara dan musik, sehingga Anda tidak perlu membatasi dia untuk lagu anak-anak. Berbagi musik favorit Anda sendiri dengan si kecil. Anda akan melihat bagaimana bayi Anda tampaknya menikmati satu pilihan yang lebih daripada yang lain saat ia mulai mengembangkan selera sendiri. Kenalkanmusik yang berkualitas seperti musik klasik atau jazz. Banyak bayi bahkan menyukai berbagai musik seperti rock, country, dan musik pop. Putar musik lembut di samping bayi Anda selama waktu tidur siang.
  • Suara lonceng angin atau jam berdetik juga dapat menghibur bayi Anda.
  • Mendengar Anda berbicara akan membantu kemampuan bahasa bayi Anda.
  • Cobalah memvariasikan nada suara atau bernyanyi saat Anda membaca padanya untuk membuatnya lebih menyenangkan.
  • Semakin banyak Anda berbicara dan membaca untuknya, semakin banyak suara dan kata-kata dia akan belajar saat ia bersiap-siap untuk bicara.
  • Berbicara dengan bayi Anda. Ini adalah suara yang paling penting bahwa bayi Anda akan mendengar. Bicara dan bernyanyi untuk bayi Anda sebanyak mungkin. Baca cerita, menceritakan tentang hari Anda dan menyanyikan lagu pengantar tidur nya. Ketika bayi Anda membuat kebisingan atau berbisik, meniru suara ini kembali padanya.
  • Biarlah bayi Anda menrima rangsangan berbagai suara dalam lingkungan rumah tangga. Banyak bayi yang tertarik dan bahkan terhibur oleh suara rumah tangga seperti TV, mesin cuci piring, atau vacuum cleaner. Mengekspos bayi Anda sebagai suara yang Anda bisa.
  • Bermain dengan bayi Anda menggunakan mainan kerincingan dan mainan lain yang membuat kebisingan. Kocok mainan atau menempatkan mainan di tangan bayi dan dengan lembut membantunya untuk mnenggerakkan atau mengocoknya.
  • Berilah mainan kotak musik. Bahkan bayi yang masih sangat muda akan belajar untuk mengenali lagu yang sederhana dalam kotak musik.
  • Gunakan mainan yang membuat musik. Mainan musik yang berwarna penuh dan cerah akan merangsang fungsi penglihatan dan pendengaran bayi.
  • Berceritalah kepada bayi Anda. Kalu perlu berbicara keras saat Anda melakukan hal-hal tertentu dengan bayi Anda. Katakan padanya bahwa Anda akan memandikannya dan katakan padanya apa yang Anda lakukan di seluruh tubuhnya. Katakan padanya apa yang Anda lakukan ketika Anda mengganti baju, popoknya, atau menjelaskan, dengan suara keras, apa yang anda lakukan saat membuat makan malam.

Deteksi dini Gangguan Pedengaran pada Bayi Bayi Anda mungkin akan mendapatkan skrining pendengaran di rumah sakit setelah kelahiran atau dalam beberapa minggu pertama hidupnya. Dia mungkin mengalami masalah pendengaran karena riwayat keluarga, masalah selama kelahiran, cacat lahir, infeksi, trauma atau kontak yang terlalu lama terhadap suara keras. Jika dia lahir prematur, maka risiko untuk mengalami masalah pendengaran lebih besar

  • Bayi akan dapat tidur meski melalui dering telepon dan anjing menggonggong.
  • Ketika bayi Anda terjaga dan waspada, ia dikejutkan suara keras dan suara tiba-tiba. Dia akan berbalik kepada Anda ketika dia mendengar suara Anda, dan tampaknya bereaksi normal terhadap suara di sekitarnya. Ingatlah jika dia memiliki pilek atau infeksi telinga, ini mungkin sementara mempengaruhi pendengarannya.
  • Bayi Anda akan ditawarkan tes pendengaran segera setelah lahir, baik di rumah sakit, klinik atau di rumah. Tes pendengaran ini disebut tes emisi otoacoustic (AOAE). Hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan tidak akan nyaman untuk bayi Anda.
  • Jika tes tidak menunjukkan hasil yang jelas, Anda mungkin diminta untuk datang kembali untuk tes lain. Hal ini tidak berarti bahwa ada masalah. Bayi Anda mungkin telah resah pada saat pemeriksaan, atau mungkin ada cairan atau penyumbatan sementara di telinganya. Atau mungkin ada kebisingan latar belakang selama pemutaran.
  • Jika tes menunjukkan bahwa mungkin ada masalah dengan pendengaran bayi Anda, maka dapat direncanakan untuk penilaian lanjutan.
  • Jika tes pendengaran bayi Anda tidak menunjukkan masalah tapi masih khawatir, tanyakan kepada dokter atau petugas kesehatan untuk memeriksa pendengaran lagi.

Checklist Gangguan Fungsi Pendengaran

Usia 0 – 3 bulan

Bereaksi terhadap suara keras Menenangkan bawah atau tersenyum ketika berbicara Mengenali suara Anda dan menenangkan turun jika menangis Ketika makan, mulai atau berhenti mengisap dalam merespon suara Coos dan membuat suara kesenangan Memiliki cara khusus untuk menangis untuk kebutuhan yang berbeda Tersenyum ketika ia melihat And

Usia 4 – 6 Bulan

Mengikuti suara dengan mata nya Merespon perubahan dalam nada suara Anda Pemberitahuan mainan yang membuat suara Memperhatikan musik Berceloteh dengan bicara seperti dan menggunakan berbagai macam suara, termasuk suara yang dimulai dengan p, b, dan m Tertawa Mengoceh saat gembira atau sedih Membuat gemericik suara saat sendirian atau bermain dengan ana

Usia 7 – 12 bulan

Menikmati bermain mengintip-a-boo dan pat-a-cake Berbalik dan melihat ke arah suara Mendengarkan ketika berbicara Memahami kata untuk barang umum seperti “cup,” “sepatu,” atau “jus” Merespon permintaan (“Kemarilah” atau “Mau lagi?”) Mengoceh menggunakan suara panjang dan pendek (“tata, upup, bibibi”) Mengoceh untuk mencari perhatian Berkomunikasi menggunakan gerakan seperti melambaikan tangan atau mengangkat senjata Meniru suara bicara yang berbeda Memiliki satu atau dua kata (“Hai,” “anjing”, “Dada,” atau “Mama”) oleh ulang tahun pertama

Usia 1 – 2 tahun

Tahu beberapa bagian tubuh dan dapat menunjukkan kepada mereka ketika ditanya Mengikuti perintah sederhana (“roll bola”) dan memahami pertanyaan sederhana (“Mana sepatu Anda?”) Menikmati cerita-cerita sederhana, lagu, dan sajak Menunjuk ke gambar, ketika nama benda yang ada dalam buku disebut Mengakuisisi kata-kata baru secara teratur Menggunakan beberapa satu atau dua kata pertanyaan (“Dimana kakak?” Atau “Go bye-bye?”) Menempatkan dua kata bersama-sama (“makan lagi” atau “Tidak ada jus”) Menggunakan banyak suara konsonan yang berbeda pada awal kata

2 – 3 tahun

Memiliki kata untuk hampir semua Menggunakan dua atau frase tiga kata untuk berbicara tentang dan meminta hal-hal Menggunakan k, g, f, t, d, dan n suara Berbicara dengan cara yang dipahami oleh anggota keluarga dan teman-teman

3 – 4 tahun

Mendengar Anda ketika Anda menelepon dari kamar lain Mendengar televisi atau radio pada tingkat suara yang sama seperti lainnya anggota keluarga Jawaban sederhana “Siapa?” “Apa?” “Di mana?” Dan “Mengapa?” Pertanyaan Berbicara tentang kegiatan di tempat penitipan anak, prasekolah, atau rumah teman ‘ Menggunakan kalimat dengan empat kata atau lebih Berbicara dengan mudah tanpa harus mengulang suku kata atau kata-kata

4 – 5 tahun

Memperhatikan cerita pendek dan menjawab pertanyaan sederhana tentang hal itu Mendengar dan mengerti sebagian besar dari apa yang dikatakan di rumah dan di sekolah Menggunakan kalimat yang memberikan banyak rincian Menceritakan kisah-kisah yang konsisten pada sebuah topik Berkomunikasi dengan mudah dengan anak-anak lain dan orang dewasa Mengatakan sebagian besar suara dengan benar kecuali untuk beberapa (l, s, r, v, z, ch, sh, dan th) Menggunakan kata-kata berima Nama beberapa huruf dan angka Menggunakan tata bahasa orang dewasa source: How Does Your Child Hear and Talk?, courtesy of the American Speech–Language–Hearing Association. Bila anak dicurigai gangguan pendengaran, harus dikenali beberepa faktor resiko di antarannya adalah:

  • Apakah orang lain dalam keluarga, termasuk saudara, memiliki masalah pendengaran?
  • Apakah ibu anak memiliki masalah medis pada kehamilan atau persalinan (mengalami penyakit serius atau cedera atau obat-obatan yang dibutuhkan atau obat)?
  • Bayi mengalami perawatan di NICU setelah kelahiran
  • Ibu memiliki rubella selama kehamilan
  • Apakah anak lahir prematur?
  • Berapa banyak anak berat badan saat lahir?
  • Apakah anak memiliki masalah fisik saat lahir?
  • Apakah anak pernah mengalami demam scarlet?
  • Apakah anak pernah mengalami meningitis?
  • Berapa banyak infeksi telinga telah memiliki anak pada tahun lalu?
  • Seberapa sering anak memiliki pilek, gejala alergi, atau infeksi telinga?

Referensi

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s