PROBLEMA KESEHATAN APA SAJAKAH YANG DAPAT MENGANCAM BAYI PREMATUR


Bayi prematur tidak sama dengan bayi yang lahir tepat waktu dan berkembang penuh. Bayi prematur dilahirkan dalam keadaan pembentukan fungsi organ dan sistem tubuhnya belum sempurna. Sehingga, mereka mempunyai resiko masalah kesehatan yang lebih tinggi baik saat perawatan di ruang NICU maupun saat paska perawatan dan problem kesehatan di masa depan.
PROBLEMA KESEHATAN BAYI PREMATUR SAAT PERAWATAN DI NICU ADALAH :

Respiratory Distress Syndrome (RDS)
RDS adalah masalah pernapasan yang disebabkan belum siapnya paru-paru. Paru-paru pada bayi prematur dapat kekurangan substansi cairan yang disebut surfaktan, yang memberikan paru-paru kualitas elastis yang dibutuhkan untuk kemudahan bernapas. Tanpa surfaktan, paru-paru cenderung akan kolaps, memaksa bayi kecil untuk bekerja keras untuk bernapas.
Perawatan : Beberapa bayi akan membutuhkan ventilator, atau respirator, untuk membantu pernapasan. Sekarang ini telah tersedia surfaktan pengganti dan cukup efektif dalam mengatasi RDS. Beberapa bayi akan merespon dengan baik jika menggunakan cara ini. Masalah paru-paru pada bayi prematur biasanya dapat meningkat dari tujuh hari menjadi beberapa minggu.

Penyakit Paru-paru

Kronis/Bronchopulmonary Dysplasia
(BPD)
Bayi yang memerlukan bantuan oksigen lebih dari satu bulan dapat dideskripsikan mempunyai penyakit paru-paru kronis atau bronchopulmonary dysplasia (BPD). Mereka akan membutuhkan oksigen dan perawatan lain untuk beberapa minggu bahkan bulanan.Perawatan : Bayi dengan BPD akan mempunyai paru-paru yang terus tumbuh dan matang, meskipun beberapa bayi prematur lain tetap akan membutuhkan oksigen saat kembali ke rumah mereka.

Respiratory Syncytial Virus (RSV)


RSV adalah penyebab utama penyakit sistem pernapasan bawah pada bayi dan anak-anak. Di US, wabah RSV umumnya muncul di bulan oktober dan Mei. Bayi-bayi yang menderita RSV dapat mengalami apnea (berhentinya napas pada bayi sekitar 15 detik); bronchiolitis (infeksi saluran pernapasan yang terdapat di paru-paru); atau masalah paru-paru yang berkepanjangan. Bayi prematur dan bayi-bayi dengan BPD mempunyai resiko tertinggi untuk terjadinya komplikasi dari infeksi RSV.Pencegahan dan perawatan : RSV adalah penyakit menular. Dapat menyebar di dalam rumah sakit atau setelah bayi pulang kerumah. Pastikan seluruh keluarga dan relasi anda yang berkunjung tidak sedang flu atau infeksi lain. Pastikan juga untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bayi anda. Tidak ada perawatan yang terbukti efektif untuk infeksi RSV. Untuk lebih jelasnya tanyakan kepada dokter spesialis anak anda untuk rekomendasi perawatan yang dibutuhkan untuk mencegah infeksi RSV jika bayi anda dalam resiko tinggi terjadinya komplikasi.

Retinopathy of Prematurity (ROP)
ROP adalah penyakit mata yang timbul ketika bagian mata, retina, tidak tumbuh dengan sempurna.Perawatan : Beberapa kasus ROP adalah ringan dan dapat ditangani tanpa perawatan lebih lanjut. Bagaimanapun juga, dalam beberapa kasus ROP dapat mengakibatkan masalah penglihatan yang serius. Beberapa kasus ROP berat ditangani dengan operasi. Spesialis anak anda akan menjelaskan lebih lanjut perlakuan apa yang dibutuhkan.

Apnea dan Bradycardia


Pengertian : Apnea mengacu pada berhenti bernapasnya selama paling lama 15 detik. Hal ini biasa terjadi pada bayi di bulan-bulan pertamanya. Ketika apnea muncul, detak jantung seringkali turun, disebut sebagai bradycardia.Perawatan : Jika bayi anda menderita apnea, dokter spesialis anak anda akan memberikan obat resep untuk membantu mengatur pernapasan. Detak jantung bayi anda dan pernapasannya akan diawasi melalui monitor. Kebanyakan bayi prematur akan berkembang sebelum kembali ke rumah. Jika bayi anda tidak berkembang, mungkin bisa diusahakan untuk dipinjami monitor apnea untuk dirumah.

Jaundice atau Kuning


Jaundice arau kuning terjadi karena fungsi hati pada bayi belum sempurna untuk menyaring substansi warna atau bilirubin dalam darah. Bayi baru lahir umumnya memproduksi bilirubin lebih tinggi dibanding kemampuan fungsi hatinya untuk menyaringnya.
Perawatan : beberapa kasus dapat ditangani efektif dengan cara menempatkan bayi di bawah sinar. Selama perawatan, kebanyakan kulit bayi akan terpapar sinar tersebut dan mata akan ditutup untuk melindungi dari sinarnya.

ANEMIA


Bayi prematur dapat membuat kondisi lain seperti anemia of prematurity (low blood cell count). Hal ini terjadi karena usia sel darah merah pada bayi prematur lebih seingkat sehingga lebih mudah terjadi pemecahan sel darah merah.

FUNGSI KEKEBALAN TUBUH

RENDAH

Sistem imunitas dan kekebalan bayi prematur belum terbentuk sempurna sehingga daya tahan tubuh terhadap infeksi sangat rentan. oleh karena itu bayi prematur dapat lebih mudah terkena infeksi. Bila terkena infeksi biasanya tidaklah ringan sehingga sering jatuh dalam keadaan sepsis atau infeksi sistemik atau mengganggu ke seluruh tubuh. tidak seperti padffa manusia dewasa atau ank besar bila terjadi infeksi hanya infeksi lokal seperti infeksi tenggorokan sdaja atau infeksi saluran kencing aja. Pada prematur bila terkena infeksi langsung menyerang seluruh tubuh dan sangat berat. ditandai dengan keadaa klinis tangis dan gerak menurun, pucat, denyut jantung meningkat, gangguan saluran cerna seperti kembung, muntah atau diare, demam dan hasil darah tombositnya menurun dengan cepat.

HIPOTERMI


BAYI PREMATUR KARENA LAPISAN LEMAK DI BAWAH KKULIT SANGAT TIPPIS MAKA MUDAH SEKALI TERJADI PENGELUARAN PANAS DARI TUBUHNYA SEHINGGA MENGAKIBATKAN PENURUNAN SUHU TUUH, Keadaan ini termasuk keadaan darurat yang harus segera ditangani.

PERDARAHAN KEPALA

ketidakmatangan sistem saraf pusat dan pembuluh darah di otak mengakibatkan peningkatan resiko perdarahan di otak bayi. Sehingga bayi prematur harus dilakukan USG kepala secara ritin dalam periode tertentu.

MUR-MURS


Heart murmurs adalah bunyi aliran darah yang melewati jantung. Dokter spesialis anak dan petugas medis profesional lainnya yang menjaga bayi anda akan selalu menginformasikan kondisi dan perkembangan bayi anda.

3 responses to “PROBLEMA KESEHATAN APA SAJAKAH YANG DAPAT MENGANCAM BAYI PREMATUR

  1. bayi saya kecil dirawat di ruang neonetus, kmrn terkena pnyakit kuning krn bilirubinnya mningkat, pnafasannya sesak & trombositnya turun, tp stlh di sinar & pkai oksigen, dah beberapa hari ini perkembangannya mningkat & tinggal trombositnya saja yg cenderung turun (trakhir 63.000), tp msh di infhus & mnum ASI. gmn dok cara meningkatkan trombositnya biar cpt pulang dr RS.trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s