BAGAIMANA MEMILIH DOT BOTOL SUSU ?

 

 

   
     
  1. Sesuaikan ukuran dot dengan kebutuhan bayi.

    Ukuran dot umumnya disesuaikan dengan ukuran mulut bayi. Untuk bayi kecil, berikan dot berukuran kecil dengan lubang yang kecil pula. Demikian juga dengan bayi sedang dan besar. Ukuran dot yang tidak sesuai bisa membuat bayi tersedak dan mengganggu pernapasan. Misal, bayi kecil diberi dot besar. Atau, bayi besar diberi dot kecil, maka dia akan cepat lelah karena kemampuan isapnya sangat kuat sementara volume air susu yang keluar amat sedikit. Umumnya, produsen sudah melakukan serangkaian penelitian saat membuat dot, dengan memerhatikan aspek anatomi rahang, ukuran mulut, kemampuan isap, dan sebagainya.
  2. Sesuaikan dengan daya isap bayi.Saat ini ada dua bahan dot yang banyak dijual di pasaran, yaitu silikon dan lateks (karet). Silikon umumnya berwarna putih sementara lateks kuning. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dot karet lebih lentur dan lembut tapi umumnya mudah rusak. Dot karet juga mudah berjamur dan menimbulkan bau. Sebaliknya, silikon kurang lembek tapi awet dan tahan lama.

    Untuk memilih dot dari bahan yang mana, kenali dulu refleks isap si kecil. Bila kemampuan mengisapnya cukup kuat, dot silikon bisa menjadi pilihan. Sebaliknya, jika refleks isapnya lemah, pilihlah dot karet. Yang pasti, jangan pilih dot dari bahan yang tidak fleksibel dan mudah rusak.

  3. Desainnya menyerupai bentuk rahang bayi.Namanya, dot orthodontic, yang artinya meratakan gigi. Dot ini membantu perkembangan rahang dan gigi lebih rapih, meski belum ada penelitian pasti.

  4. Dot khusus untuk bayi dengan kelainan celah bibir dan langit-langit mulut.Ukurannya lebih panjang dari ukuran normal, sehingga air susu yang diisap langsung tertelan ke tenggorokan. Sayangnya, dot ini sulit dijumpai di pasaran dan hanya ada di klinik/rumah sakit tertentu.

  5. Memiliki ring pengatur derasnya keluar air susu.Jika diputar ke arah tertentu, aliran susu akan semakin deras atau sebaliknya. Ada tiga pengaturan yang baku, yaitu lambat, sedang, dan cepat. Jadi, bisa distel sesuai kebutuhan. Namun, seberapa penting kebutuhan kelengkapan ini tergantung kondisi bayinya. Jika bayi mengalami kelainan jantung, sangat dianjurkan memiliki kelengkapan ini, karena bayi tak dianjurkan mengisap air susu terlalu deras. Jika tidak, napas bayi bisa tersengal-sengal bahkan menimbulkan tersedak.

  6. Dot bersendok sebagai alternatif.Penting diingat, penggunaan dot merupakan alternatif terakhir buat ibu atau bayi yang mengalami masalah. Untuk ibu bekerja, penggunaan dot tidak disarankan karena bisa menyebabkan bayi bingung puting. Bingung puting terjadi karena proses menyusu lewat payudara lebih sulit ketimbang dot. Akibatnya, bayi lebih memilih dot ketimbang menyusu dari payudara. Nah, agar bayi terhindar dari bingung puting, cara yang aman dengan menggunakan sendok. Saat ini, di pasaran banyak dijual botol dengan ujung kepala dot bersendok. Produk ini bisa dijadikan alternatif bagi ibu bekerja.

  7. Saat tepat ganti dot.Tentu jika secara fungsi sudah tidak maksimal. Antara lain, bentuknya tidak fleksibel lagi, dotnya tak bisa mengembang-ngempis lagi sehingga bayi tak bisa mengisap dengan baik. Juga terdapat kerusakan yang menyebabkan volume air susu yang keluar tak dapat dikontrol; beberapa kelengkapannya seperti regulator atau lubang dot sudah rusak; atau bayi sudah lebih besar sehingga membutuhkan dot dan botol yang lebih besar.

 

Supported  by
CLINIC FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 102010

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

http://childrenclinic.wordpress.com/

 

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s