PENULARAN HEPATITIS B DARI IBU PENGIDAP HEPATITIS B

PENULARAN HEPATITIS B DARI IBU PENGIDAP HEPATITIS B

 

Cara Penularan Hepatitis B

  1. Melalui darah dan cairan tubuh orang yang trinfeksi (sama dengan virus HIV-AIDS). Namun hepatitis B 100 kali lebih mudah menginfeksi dibanding HIV
  2. Melalui jarum suntik yang dipakai bersama
  3. Melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi
  4. Lahir atau bepergian di daerah endemi hepatitis B
  5. Terinfeksi dari ibu saat proses persalinan.

BAGI IBU YANG TERINFEKSI HEPATITIS B ATAU PEMERIKSAAN HbsAg positif maka :

  • Ibu hamil dapat menularkan virus hepatitis B kepada janin yang dikandung.
  • Jika ibu hamil dan punya hepatisis B, segera informasikan kepada dokter. Dengan demikian, bayi bisa ditangani sesegera mungkin setelah ia lahir.
  • Bayi mesti menerima suntikan hepatitis B immune globulin (H-BIG) saat lahir, bersama seri pertama suntikan vaksin hepatitis B, dari tiga seri vaksinasi yang akan diterima bayi.
  • Vaksin hepatitis B (Engerix-B) diberikan dalam tiga kali suntikan dan memberikan perlindungan sampai 90% terhadap infeksi hepatitis B, selama bertahun-tahun, kadang seumur hidup. Bayi biasanya menerima vaksinasi pada usia 2, 4, dan 8 bulan. Efek samping vaksinasi biasanya ringan, misalnya badan lemah, lesu, sakit kepala, mual, dan bengkak pada bekas suntikan.

 

Supported  by
CLINIC FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 102010

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

http://childrenclinic.wordpress.com/

 

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved.

One response to “PENULARAN HEPATITIS B DARI IBU PENGIDAP HEPATITIS B

  1. SUARA MERDEKA
    Minggu, 06 Mei 2007 SEMARANG

    Penularan Hepatitis Dominan melalui Darah

    SEMARANG – Pendapat bahwa penularan penyakit Hepatitis B bisa melalui air liur maupun bekas perangkat dan minum adalah salah. Justru faktor utama penularan penyakit yang menyerang pada fungsi hati itu, lebih melalui darah.

    ”Kalau melalui hubungan seks dengan penderita, kecil kemungkinan tertular atau sekitar 0,5%,” kata Dr dokter Rino Alvani Gani SpPD KGEH dari RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam Seminar Fakta Baru tentang Virus Hepatitis B di Indonesia (HBV Facts Indonesia Snapshot), di Thamrin Square yang diselenggarakan Klinik CITO, Sabtu (5/5).

    Pembicara lainnya dokter Osman Sianipar DMM MSc SpPK (K) dari RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

    Seminar diadakan dalam launching penghargaan internasional sertifikat ISO 9001:2000 dari lembaga sertifikasi TUV NORD Indonesia.

    Menurut Rino, virus Hepatitis B sekarang ini bermutan sangat cepat. Penularan virus itu terbagi bisa karena tertular dari ibu saat dalam kandungan atau setelah persalinan.

    Namun, ada pula karena transfusi darah, tindik telinga, tusuk jarum, penggunaan pisau cukur, dan sikat gigi secara bersama-sama.

    Bentuk virus ini lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Hepatitis merupakan sebuah proses peradangan pada jaringan hati. Orang lebih mengenal hepatitis dengan istilah lever atau sakit kuning.

    ”Pengertian lever sebenarnya organ hati, bukan penyakit hati. Nama itu berasal dari Belanda. Kalau sakit kuning dapat menimbulkan kerancuan, karena tidak semua sakit kuning adalah penyakit radang hati, tetapi dapat juga karena ada peradangan pada kantung empedu,” jelas Rino.

    Sementara Osman mengatakan, penyakit ini bisa dicegah melalui pemberian vaksin. Bagi pasangan yang akan menikah, pemberian sebuah kekebalan tubuh itu untuk menghambat penularan virus.

    ”Jadi, wajib hukumnya pemberian vaksin bagi pasangan suami-istri. Apalagi, bila salah satunya penderita Hepatitis B. Jadi, tidak perlu takut,” kata dia.

    Direktur Klinik CITO dokter Dyah Anggraeni MKes SpPK mengatakan, pihaknya pada 2007 ini akan mulai merambah DKI, Jabar, dan Jatim. Dengan mendapatkan ISO 9001:2000, maka pelayanan kepada masyarakat akan terus ditingkatkan. ”Sertifikat ini kali pertama yang kami terima. Segala pelayanan dari penerimaan tamu sampai pemeriksaan laboratorium yang akurat dan presisi, akan kami tingkatkan,” kata dia usai menerima sertifikasi. (H37-37)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s