Tumbuh Kembang dan Permasalahan Kesehatan Bayi Usia 0-1 Bulan

Tumbuh Kembang dan Permasalahan Kesehatan Bayi Usia 0-1 Bulan

Pertumbuhan

Jenis Kelamin Pria
Usia Anak 1 Bulan
Tinggi badan optimal
Rentang
55
(51 – 59) Cm
Berat badan optimal
Range
4.5 kg
(3.4 – 5.8) Kg
Jenis Kelamin Wanita
Usia Anak 1 Bulan
Tinggi badan optimal
Rentang
54
(50 – 59) Cm
Berat badan optimal
Range
4.2 kg
(3.2 – 5.8) Kg
  • Ukuran rata-rata lingkar kepala bayi ketika lahir adalah 34-35 cm. Lingkar kepala ini akan bertambah 2 cm per bulan pada usia 0-3 bulan

Perkembangan:

  • Perkembangan Normal Sosial dan Emosi Bayi yang baru lahir adalah makhluk sosial. Bayi Anda akan senang untuk disentuh, dipegang, rayu untuk, dan tersenyum. Pada awal bulan pertama, bayi Anda mungkin mulai bereksperimen dengan membuat wajah pada Anda. Dia akan menikmati menonton wajah anda dan dapat meniru beberapa gerakan tersebut. Julurkan lidah dan menonton saat ia melakukan hal yang sama.

Fungsi Pendengaran

  • Bayi Baru lahir Sejak lahir bayi Anda akan memperhatikan suara dan suara, terutama yang bernada tinggi. Dia juga akan merespon suara akrab, seperti suara atau lagu ninabobo Anda bermain atau sering menyanyikan nya. Dia mungkin terkejutk oleh keras atau suara tak terduga. Sejak lahir, bayi memperhatikan suara-suara, terutama yang bernada tinggi. Bayi Anda akan merespon suara akrab (seperti Anda berbicara atau pasangan Anda) dan mungkin mengejutkan pada suara keras atau tidak terduga.
  • Bagaimana bayi menanggapi suara sebagian bergantung pada temperamen. Seorang bayi lebih sensitif dapat melompat pada setiap suara kecil, misalnya, sementara bayi lebih tenang mungkin memerlukan waktu lebih suara dengan tenang

Fungsi Penglihatan

Saat Bayi Baru Lahir

  • Segera setelah lahir, dokter secara singkat akan memeriksa mata bayi Anda untuk menyingkirkan tanda-tanda katarak kongenital atau masalah mata neonatal serius lainnya. Meskipun masalah mata seperti itu jarang, mereka harus dideteksi dan diobati dini untuk meminimalkan dampaknya terhadap perkembangan penglihatan anak Anda.
  • Paparan cahaya Selama Kehamilan Penting bagi perkembangan penglihatan pada janin yang dikandung ibu.  memeluk perut hamil. Ternyata bahwa perkembangan mata normal memerlukan cahaya untuk mencapai bayi saat berada dalam rahim. Temuan ini dilaporkan dalam Nature bulan ini didasarkan pada studi tikus janin. Para peneliti menemukan bahwa jalur-respon cahaya mengontrol jumlah neuron di retina. Pada tikus jalur ini harus diaktifkan selama akhir kehamilan, sekitar 16 hari dalam kehamilan.
  • Respon cahaya jalur menjaga pembuluh darah terbentuk di retina menjadi terlalu banyak dan menyebabkan retinopati prematuritas berpotensi membutakan.
  • Pemberian salep antibiotik biasanya diberikan pada mata bayi untuk membantu mencegah infeksi mata dari adanya bakteri dalam jalan lahir.
  • Saat lahir, bayi hanya melihat dalam warna hitam dan putih dan abu-abu. Sel-sel saraf di retina dan otak mereka bahwa visi kontrol belum sepenuhnya dikembangkan. Mata bayi yang baru lahir tidak memiliki kemampuan untuk mengakomodasi (fokus pada objek dekat). Jadi jangan khawatir jika bayi Anda tampaknya tidak akan “berfokus” pada objek, termasuk wajah. Ini hanya membutuhkan waktu.
  • Meskipun keterbatasan visual, studi menunjukkan bahwa dalam beberapa hari setelah lahir, bayi lebih suka melihat gambar wajah ibu mereka dibandingkan dengan wajah  orang asing.
  • Para peneliti percaya preferensi ini tergantung pada besar, rangsangan kontras tinggi, seperti batas garis rambut ibu ke wajahnya. Dalam studi, jika batas tersebut ditutupi dengan syal atau topi renang, preferensi bayi untuk melihat wajah ibu mereka menjadi teralih.
  • Jadi untuk mendorong interaksi visual dengan anak yang baru lahir, menjaga gaya rambut sama dan menghindari mengubah penampilan anda.
  • Satu hal yang mungkin dapat dilihat tentang mata anak yang baru lahir adalah melihat seberapa besar mata mereka. Hal ini karena hasil perkembangan bayi yang normal biasanya dapat dilihat dari kepala ke bawah. Saat lahir, mata bayi sudah terlihat sekitar 65 persen dari ukuran mata dewasa
  • Saat lahir, bayi sangat sensitif terhadap cahaya terang, sehingga murid mereka tetap terbatas untuk membatasi cahaya yang masuk ke mata. Setelah sekitar dua minggu, pupil membesar dan bayi dapat melihat berbagai nuansa terang dan gelap. Retina (jaringan peka cahaya di dalam mata) berkembang dengan cepat dalam kemampuan untuk melihat dan mengenali pola semakin membaik. Gambar kontras tinggi seperti gambar hitam-putih, mata banteng atau bentuk wajah yang sangat sederhana yang paling mungkin untuk menarik perhatian bayi di minggu-minggu awal.
  • Wajah manusia selalu menjdai  gambar favorit bayi. Ketika seseorang memegang bayi, dia akan melihat tajam pada wajah seseorang, terutama mata. Sebagai rentang visual bayi meningkat pada bulan pertama. Bayi akan dapat melihat wajah seseorang secara keseluruhan dan akan jauh lebih responsif terhadap ekspresi wajah.

Usia 1 Bulan

  • Mata bayi Anda tidak sangat sensitif terhadap cahaya di bulan pertama kehidupan. Bahkan, jumlah cahaya yang diperlukan untuk bayi 1bulan-tua untuk menyadari adanya cahaya (disebut ambang deteksi cahaya) adalah 50 kali lebih tinggi daripada orang dewasa.
  • Menjaga penampilan orang tua secara konsisten membantu bayi mengenali dan berinteraksi dengan oreang tua setelah lahir.
  • Tidak masalah untuk menyalakan lampu di kamar bayi dan tidak akan berpengaruh dengan kemampuan tidur bayiu. Justru lampu itu dapat membantu menjaga Anda  jari-jari kaki anda agarterhindar dari bneturan kaki furnitur ketika Anda sedang memeriksa bayi.
  • Kemampuan penglihatan warna bayi sama seperti kemampuan visual lainnya. Pada usia satu bulan, mereka sensitif terhadap kecerahan atau intensitas warna dan akan terlihat lebih panjang pada warna-warna berani dan pola kontras dari pada nada ringan.
  • Bayi mulai berkembang kemampuan untuk melihat dalam warna yang sangat cepat. Pada satu minggu setelah lahir, mereka bisa melihat merah, oranye, kuning dan hijau. Tapi itu butuh waktu sedikit lebih lama bagi mereka untuk dapat melihat biru dan ungu. Hal ini karena cahaya biru memiliki panjang gelombang lebih pendek, dan reseptor warna sedikit ada di retina manusia untuk cahaya biru.
  • Jangan terlalu khawatir jika gerakan mata bayi Anda kadang tidak terjadidengamn gerakan yang sama satu dengan mata lainnya. Satu mata terkadang hanyut ke dalam atau keluar dari keselarasan. Gearakan ini kadang masih dianggap normal. Tetapi jika Anda melihat gangguan tersebut sangat besar dan konstan terus menerus,  mmka sebaiknya harus segera memberitahu ke dokter anak.
  • Tips: Untuk membantu merangsang penglihatan bayi Anda, menghiasi kamar mereka dengan terang, warna ceria. Sertakan karya seni dan perabotan dengan kontras warna dan bentuknya. Juga menggantung berbagai benda berwarna cerah di atas atau dekat tempat tidur mereka. Pastikan segala sesuatu yang disekitarnya memiliki berbagai variasi warna dan bentuk

Status Imunisasi:

  • Imunisasi BCG, Ketahanan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis) berkaitan dengan keberadaan virus tubercle bacii yang hidup didalam darah. Itulah mengapa agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkan jenis basil tak berbahaya ini ke dalam tubuh, alias vaksinasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin)
  • Imunisasi Hepatitis B, Imunisasi ini merupakan langkah efektif untuk mencegah masuknya VHB, yaitu virus penyebab penyakit hepatitis B. Hepatitis B dapat menyebabkan sirosis atau pengerutan hati, bahkan lebih buruk lagi mengakibatkan kanker hati.
  • Imunisasi Polio, Imunisasi polio akan memberikan kekebalan terhadap serangan virus polio. Penyakit akibat virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan.

Permasalahan Umum Kesehatan:

  • GANGGUAN SALURAN CERNA : Sering muntah/gumoh, kembung,“cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden /mulet”, sering REWEL / GELISAH/COLIK terutama malam hari), Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari, BERAK DARAH. Hernia Umbilikalis (pusar menonjol), Scrotalis, inguinalis (benjolan di selangkangan, daerah buah zakar atau pusar atau “turun berok”) karena sering ngeden sehingga tekanan di dalam perut meningkat.
  • Kulit sensitif, sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut.Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Mata, telinga dan daerah sekitar rambut sering gatal, disertai pembesaran kelenjar di kepala belakang. Kotoran telinga berlebihan kadang sedikit berbau.
  • Lidah sering timbul putih (seperti jamur). Bibir tampak kering atau bibir bagian tengah berwarna lebih gelap (biru).
  • Napas grok-grok, kadang disertai batuk sesekali terutama malam dan pagi hari siang hari hilang. Bayi seperti ini beresiko sering batuk atau bila batuk sering lama (>7hari) dan dahak berlebihan )
  • Sesak bayi baru lahir disertai kelenjar thimus membesar (TRDN/TTNB). BILA BERAT SEPERTI PARU-PARU TIDAK MENGEMBANG (LIKE RDS) Bayi usia cukup bulan (9 bulan) secara teori tidak mungkin terjadi paru2 yang belum mengembang. Paru tidak mengembang hanya terjadi pada bayi usia kehamilan < 35 minggu)  Bayi seperti ini menurut penelitian beresiko asthma (sering batuk/bila batuk sering dahak berlebihan )sebelum usia prasekolah.
  • Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, kepala sering miring ke salah satu sisi (Sehingga beresiko kepala “peyang”) karena hidung buntu, atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara. Karena hidung buntu dan bernapas dengan mulut waktu minum ASI sering tersedak
  • Mata sering berair atau sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi.
  • Sering berkeringat (berlebihan)
  • Karena minum yang berlebihan atau sering minta minum berakibat berat badan lebih dan kegemukan (umur <1tahun). Sebaliknya terjadi berat badan turun setelah usia 4-6 bulan, karena makan dan minum berkurang
  • Kepala, telapak tangan atau telapak kaki sering teraba sumer/hangat.
  • Mempengaruhi gangguan hormonal : keputihan/keluar darah dari vagina, timbul bintil merah bernanah, pembesaran payudara, rambut rontok, timbul banyak bintil kemerahan dengan cairan putih (eritema toksikum) atau papula warna putih
  • GANGGUAN NEURO ANATOMIS : Mudah kaget bila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar. Kaki sering dijulurkan lurus dan kaku. Breath Holding spell : bila menangis napas berhenti beberapa detik kadang disertai sikter bibir biru dan tangan kaku. Mata sering juling (strabismus). Kejang tanpa disertai ganggguan EEG (EEG normal)
  • PROBLEM MINUM ASI : minum berlebihan, berat berlebihan karena bayi sering menangis dianggap haus. Haus palsu adalah tampilan bayi sering menangis, mulutnya sering seperti mau ngempeng atau mencari puting tampak sucking refleks berlebihan dirangsang pipinya sedikit sudah seperti mencari puting. Hal itu belum tentu karena haus atau bukan karena ASI kurang. Pada bayi alergi yang sering rewel seringkali saluran cernanya sedikit sakit sehingga bila ada perasaan tidak nyaman bayi akan sering seperti ngempeng atau minta digendong. Sering menggigit puting sehingga luka. Minum ASI sering tersedak, karena hidung buntu dan napas dengan mulut. Minum ASI lebih sebentar pada satu sisi,`karena satu sisi hidung buntu, jangka panjang bisa berakibat payudara besar sebelah.

 

ARTIKEL TERKAIT

 

www.klinikbayi.com

Provided By: KLINIKBAYI.COM In 1,000 days Your Children, You can change the future. Our Children Our Future Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 29614252

“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen *** Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035 We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider
Copyright © 2014, klinikbayi.com Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s